Cara mempercepat koneksi wifi di laptop dan komputer

Cara mempercepat koneksi wifi

Berbagai cara mempercepat koneksi wifi di laptop dan komputer yang dapat anda lakukan. Mempunyai koneksi internet yang lambat memang menjengkelkan. Apalagi sekarang setiap kegiatan dilakukan secara daring atau online. Dengan begitu kecepatan internet yang ngebut sangat di butuhkan untuk menunjang berbagai kegiatan tersebut.

Tapi apa daya kita hanya sebagai pengguna jadi tidak tahu menahu mengenai jaringan yang diberikan provider apakah selalu stabil atau tidak. Pasalnya dalam kondisi tertentu, entah itu saat hujan maupun mendung, jaringan kerap mengalami penurunan dan akhirnya mempunyai koneksi buruk.

Kalau diketahui ini pasti terjadi, apalagi kalau di rumah kita menggunakan wifi. Otomatis kalau hujan jaringan akan drop dan sulit digunakan untuk mengakses internet. Nah untuk itu, supaya hal itu dapat teratasi bagaimana kalau anda coba rahasia berikut ini. Ini merupakan tips yang dapat anda gunakan untuk mengakali saat koneksi wifi lemot. Dan untuk mengetahui seperti apa tips dan rahasia tersebut. Yuk langsung saja kita simak di bawah ini.

Cara mempercepat koneksi wifi di laptop dan komputer

Periksa Tempat Wifi

Kalau diketahui secara gamblang mungkin ini tidak begitu diperhatikan. Tapi kemungkinan besar anda mengetahui akan hal ini, namun entah mengapa banyak yang menghiraukan padahal efeknya cukup terasa pada jaringan wifi laptop loh.

Di mana ini merupakan bagian tempat yang perlu dihindari kalau anda menggunakan wifi. Sebab berbagai tempat yang ada benda ini maka dapat dipastikan akan memengaruhi kualitas jaringan. Mengetahui benda tersebut adalah tembok dan kaca, kedua benda ini sangat memengaruhi sebab dapat menghalangi sinyal yang dihasilkan wifi kita.

Dan untuk mengatasi hal itu, anda bisa menggunakan repeater sebagai alat yang bisa memberikan jangkauan sinyal lebih jauh. Sistem kerjanya, repeater akan menangkap sinyal wifi dan memancarkannya kembali sebagai jaringan wifi baru. Dengan begitu sinyal yang dihasilkan lebih baik dan kuat dibanding sebelumnya.

Atur Antena Router

Untuk yang berikut ini, kalau anda tidak ingin menggunakan repeater sebagai alat bantu memancarkan sinyal wifi supaya lebih jauh lagi. Maka anda bisa mengatasinya dengan mengatur posisi antena. Dan ini berhasil loh, dengan mengotak-atik posisi antena dapat memberikan jangkauan sinyal luas dan kecepatan yang hebat.

Untuk rekomendasi seperti apa posisi antena tersebut. Kalau menurut saya pribadi arahkan antena ke tempat yang tidak banyak sekat. Dengan arah tersebut sinyal yang dihasilkan bisa lebih jauh dijangkau. Selain itu atur posisi antena dengan berdiri, kalau posisi tidur atau lurus tidak begitu saya sukai sebab posisinya sudah langsung ada benda yang menghalanginya. Dan dengan posisi berdiri, antena bisa memancarkan sinyal lebih jauh 360 derajat.

Periksa Kekuatan dan Kecepatan WiFi

Nah, sebelum menggunakan cara-cara untuk mengakali wifi. Kita perlu memastikan kalau sinyal yang diberikan bukan faktor dari perangkatnya, melainkan murni dari koneksi yang didapatkan. Maksudnya faktor lemot yang dihasilkan jaringan merupakan murni dari koneksinya, tidak dari perangkat baik laptop atau pc. Sebab kalau jaringan yang menjadi biang berbagai cara di bawah ini tidak begitu efektif.

Nah untuk mengetahui apakah koneksi yang menjadi pemicu wifi lemot atau tidak. Kita bisa mengukur kecepatan wifi dengan berbagai alat yang tersedia di internet. Ketik di mesin pencarian “Test Speed Wifi” maka di sana sudah tersedia alat yang bisa digunakan. Dengan mengukur kecepatan tersebut anda bisa menyimpulkan sendiri bagaimana kecepatan yang dihasilkan

Flushing DNS

Apabila koneksi wifi berkecepatan tinggi dan sinyal yang didapatkan kuat. Maka coba kita lakukan berbagai tahap dimulai dari Flushing DNS. Fungsi melakukan langkah ini untuk mengembalikan sistem ke default atau bawaan pabrik. Artinya sistem yang kita gunakan akan di ubah ke dalam kondisi baru dan ini bisa membuatnya kembali ke sistem yang di sarankan dari sananya. Untuk langkahnya, seperti beri ini.

  1. Tekan tombol “Windows” dan “R” di keyboard, kemudian ketik CMD lalu enter.
  2. Nah nanti akan ada tab CMD, lalu kita buat perintah dengan mengetikkan ipconfig /flushdns, kemudian enter.
  3. Lalu ketik lagi, “ipconfig /renew”, kemudian enter.
  4. Jika sudah maka DNS berhasil di reset dan kembali ke pengaturan default.
  5. Kemudian kita coba untuk melakukan browsing di browser pc atau laptop.

Jadikan IRPStackSize Berkecepatan Tinggi

Jika cara di atas tidak membuahkan hasil, maka kita coba cara selanjutnya yaitu dengan menaikkan tingkat kecepatan IRPStackSize. Sebelum mengetahui caranya, perlu anda tahu kalau nilai default dari internet yang biasa kita gunakan adalah 15. Sedangkan tingkat kecepatan tersebut bisa dinaikkan lagi untuk mempercepatnya menjadi 50. Dengan begitu, ini perbandingan yang sangat lumayan. Apabila ini dinaikkan maka kecepatan internet yang diperoleh dapat lebih ngebut. Apalagi kecepatan yang dihasilkan bisa stabil, pokoknya top deh. Nah kalau anda yang sudah penasaran mengenai caranya, maka anda bisa menggunakan langkah di bawah ini.

  1. Untuk pertama, tekan tombol “Windows” dan “R” di keyboard anda. Kemudian ketik “regedit” lalu enter atau klik OK.
  2. Setelah itu silahkan anda menuju HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Services > LanmanServer > Parameters.
  3. Berhenti di lokasi “Parameters”, klik kanan “DWORD” bernama “IRPStackSize”. Kemudian klik Modify dan ganti nilainya menjadi 50.
  4. Setelah itu klik OK, dan tutup tampilan tersebut, lalu Restart komputer.

Oh iya bagi anda yang tidak menemukan lokasi “IRPStackSize”. Maka buat DWORD baru dengan klik kanan, New, DWORD Value. Buat dengan nama “IRPStackSize” dan Value nya 50.

Baca juga Harga Paket MNC Play Wifi Unlimited

Ditulis Oleh : Chairudin

Tinggalkan komentar

Previous

Harga Paket MNC Play WiFi Unlimited 2021

8 Daftar Provider WiFi Murah Di Indonesia 2021

Next