Cara Mengatur Modem WIFI yang Simpel dan Dapat Dilakukan Oleh Siapa Saja

Jika Anda menggunakan router WiFi untuk pertama kalinya, Anda pasti akan menemui banyak kesulitan dalam menginstal dan mengkonfigurasi pemancar WiFi tersebut. Panduan berikut akan membantu Anda mengkonfigurasi Wifi Router (Router) dengan mudah dan sederhana.

Selama kemajuan teknologi informasi, pemancar WiFi (juga dikenal sebagai router ) telah menjadi item teknologi yang sangat diperlukan di setiap rumah, kantor, dan bisnis. Karena memilikinya membuat mengakses internet, menjelajahi web, bekerja, … lebih mudah dari sebelumnya. Sebelumnya, kami harus menggunakan cara lama, yang menyebabkan kurangnya estetika dan kerumitan. Di sini Internet Viettel ingin memperkenalkan kepada Anda cara mengkonfigurasi router dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami:

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengakses antarmuka web router

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengkonfigurasi router adalah mengakses antarmuka instalasi melalui web browser (Anda dapat menggunakan browser Google Chrome, browser Mozilla Firifox, … .. Untuk mengakses Anda hanya perlu memasukkan alamat. Pergi ke router Alamat IP di address bar browser web kemudian tekan tombol Enter (Contoh: 192.168.1.1) Anda dapat membalik bagian belakang router untuk mendapatkan parameter rinci (Router IP Address, Admin, Pass,….).

Jika Anda tidak dapat menemukannya atau bagian belakangnya buram, Anda juga dapat dengan mudah menemukan informasi ini dengan membuka Panel Kontrol, mengklik Lihat status jaringan dan tugas di bawah Jaringan dan Internet. Kemudian klik ikon jaringan WiFi yang saat ini Anda sambungkan.

Pada langkah berikutnya, klik tombol Detail dan lihat bagian alamat di sebelah kanan “IPv4 Default Gateway”. Ini adalah alamat IP router

Berikutnya: Masukkan alamat ini di bilah alamat browser web Anda dan tekan Enter untuk mengakses antarmuka web dari halaman pengaturan router.

Langkah selanjutnya Anda melanjutkan untuk masuk

Setelah memasukkan alamat IP router di bilah alamat browser Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan akun login Anda. Ada juga beberapa perute yang menyediakan beberapa informasi status sebelum memasukkan akun, tetapi secara umum Anda memerlukan nama pengguna dan kata sandi yang benar untuk masuk ke layar pengaturan internal. Biasanya alamat IP 192.168.1.1, Akun Akses Admin, Pass default adalah Admin (Ada beberapa pengecualian, Anda membalik bagian belakang modem akan memiliki parameter dasar).

Nama pengguna dan kata sandi juga biasanya disertakan dengan manual yang disertakan dengan router. Namun, jika Anda tidak memiliki manual, Anda dapat melihat situs seperti routerpasswords.com. Situs web ini menyediakan daftar nama pengguna dan kata sandi untuk berbagai jenis router. Untuk menemukan akun yang benar, Anda perlu memberikan nomor seri perute ke situs tersebut. (Nomor seri di belakang Router akan menunjukkan detailnya).

Jika Anda telah mengubah kata sandi perute dan tidak dapat lagi mengingat kata sandinya, Anda dapat mengatur ulang perute untuk kembali ke akun dan kata sandi default. Untuk mengatur ulang, Anda menghidupkan kembali router dan menemukan tombol reset. Karena tombol ini sering kali tersembunyi, gunakan benda kecil dan tajam seperti tusuk gigi dan tahan beberapa saat untuk melakukan reset. Perhatikan bahwa setelah ini, pengaturan apa pun yang Anda buat sebelumnya akan hilang. Semua pengaturan dikembalikan ke default aslinya

Langkah berikutnya:

Setelah Anda memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang benar, Anda akan dapat masuk ke antarmuka web perute. Di sini Anda dapat mengubah pengaturan Anda sendiri. Akan ada bagian berbeda untuk Anda siapkan. Dan ingat, setelah melakukan perubahan, Anda perlu menekan tombol Apply atau Save untuk menyimpan pengaturan itu.
Untuk mengatur cara Anda sendiri, Anda harus mengklik pada bagian berbeda dari halaman pengaturan untuk mempelajari fungsionalitas halaman itu. Misalnya, bagian Pembatasan Akses di router Linksys membantu Anda mengelola akses internet setiap mesin di jaringan. Ini adalah alat yang berguna jika Anda ingin mengelola penggunaan internet anak-anak Anda serta orang lain di jaringan Anda. Berikut adalah beberapa informasi berguna yang dapat Anda atur di router Anda:

– Lihat daftar perangkat di jaringan:

Bergantung pada jenis router, Anda mungkin menemukan daftar ini di halaman status umum, atau di bagian nirkabel. Di sini saya menggunakan router Linksys, daftar ini ada di bagian Tabel Klien DHCP pada halaman Status.

– Ganti saluran:

Mengubah saluran dapat memberi Anda kecepatan lebih saat menggunakan WiFi. Alat seperti Wi-Fi Analyzer untuk Android atau inSSIDer untuk Windows akan membantu Anda menemukan saluran nirkabel terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mengakses WiFi.

Atur router ke repeater

Repeater pada dasarnya adalah alat yang membantu Anda meningkatkan jangkauan jaringan WiFi Anda. Jika Anda menggunakan router redundan sementara ingin meningkatkan cakupan area, Anda dapat menggunakan router redundan ini sebagai repeater
– QoS (Quality of Service).

– QoS (Kualitas Layanan)

QoS merupakan fungsi yang meningkatkan kualitas koneksi untuk kebutuhan atau aplikasi tertentu seperti video streaming, game, aplikasi VoIP. Sebagian besar router memiliki beberapa bentuk QoS bawaan, dan beberapa produsen peralatan jaringan juga menjual versi router mereka sendiri dengan QoS kelas atas yang diinstal.

Catatan: Saat QoS diaktifkan, sebagian besar router memiliki opsi untuk mencurahkan sebagian bandwidth ke aplikasi dan jenis koneksi yang berprioritas lebih tinggi (prioritas biasanya sebagian sudah diinstal sebelumnya dan memberinya kemampuan untuk terhubung dengannya). Memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan, menambahkan / Ubah hapus). Pada contoh gambar di atas, Warcraft diberi prioritas “tinggi”; Ini juga berarti bahwa router akan mendukung porsi bandwidth untuk koneksi I / O ke aplikasi Warcraft (mengurangi lag saat dota, misalnya), aplikasi dengan prioritas lebih rendah harus menunggu bagian jika jumlah koneksi saat ini. Batas bandwidth jaringan rumah Anda terlampaui. Aplikasi VoIP sering kali diberi prioritas tertinggi untuk memastikan kualitas percakapan.

– DNS Dinamis (DDNS): DNS Dinamis

DDNS adalah fungsi yang cukup umum di router saat ini. Dengan menggunakan DDNS, pengguna dapat menetapkan IP publik dinamis dari router tertentu dan jaringan rumah secara umum ke nama domain. Namun, selain mengaktifkan DDNS di router, bagian terpentingnya adalah Anda harus mendaftarkan layanan DDNS dengan penyedia nama domain yang mendukung fungsi ini.

Layanan DDNS sering digunakan oleh penyedia DNS perantara dan kelompok sasaran pelanggan dengan ekonomi terbatas. Selain memiliki banyak layanan untuk uji coba yang lama dan murah, banyak dari layanan DNS perantara gratis ini memiliki dukungan untuk DDNS untuk kenyamanan lebih bagi pengguna dengan permintaan rendah. Bisa menyertakan DynDNS, No-IP, DNSdynamic atau di Vietnam ada dotDNS (pavietnam) dan freeDNS.

Mendaftarkan nama domain gratis tidak terlalu aneh dan sulit saat ini. Oleh karena itu, yang perlu Anda lakukan hanyalah melihat apakah tempat Anda mendaftar mendukung DDNS dan (tentu saja) memeriksa apakah router mendukung DDNS. Konfigurasinya juga cukup sederhana seputar mendefinisikan DDNS di antarmuka router mana. Setelah semuanya selesai, akan jauh lebih mudah untuk mengakses kendali router jarak jauh ketika Anda jauh dari rumah atau mengakses situs web atau server file kecil yang Anda instal di rumah.

Baca juga: Router wifi terbaik dan tercepat

Ditulis Oleh : Chairudin

Tinggalkan komentar

Previous

Cara setting wifi indihome biar cepat